AMBISI, KENYATAAN, DAN USAHA
AKU adalah singkatan dari Ambisi,
Kenyataan dan Usaha. Ambisi dapat diartikan sebagai nafsu atau gairah untuk
mendapatkan sesuatu. Kenyataan adalah suatu peristiwa yang benar-benar terjadi
atau kondisi saat ini. Sedangkan usaha merupakan kegiatan dengan mengerahkan
tenaga pikiran untuk mencapai sesuatu maksud tertentu atau dapat diartikan
untuk mencapai ambisi.
Adapun AKU
yang saya buat untuk masa perkuliahan dalam jenjang empat tahun sebagai berikut
:
1.
AMBISI
§ Lulus tepat waktu dengan nilai IPK
per semester konsisten diatas 3,00 dan setelah lulus ingin mengembangkan usaha
sendiri
2.
KENYATAAN
§ Walaupun IPK di semester 1 ini tidak
menyentuh angka 3,00 tetapi saya bersyukur tidak mengulang mata kuliah dan saya
sudah mulai membuka usaha sebagai web design
3.
USAHA
§ Saya akan belajar giat untuk
mendapatkan nilai IPK yang konsisten diatas 3,00 dan tidak lupa selalu
bersyukur dan berdoa dengan apa yang dialami dan dijalani.
SASARAN,
RISIKO, DAN KONSEKUENSI
SRK
merupakan singkatan dari Sasaran, Risiko, dan Konsekuensi. Sasaran adalah
sesuatu yang ingin dituju baik secara individu atau kelompok dapat dikatakan
juga rencana. Risiko adalah Akibat yang kurang menyenangkan dari suatu
perbuatan. Dan Konsekuensi adalah hasil yang didapatkan dari sasaran atau
reaksi.
Adapun SRK
yang saya buat untuk jenjang per tahun selama masa perkuliahan. Untuk tahun pertama :
SASARAN
§ Bekerja sambil Kuliah
§ Memiliki Kendaraan Pribadi
§ Berpenghasilan di Youtube
RISIKO
§ Saat libur panjang saya bekerja dan
saat masa perkuliahan pun harus mengatur waktu untuk bekerja, belajar, dan
mengerjakan tugas.
§ Berkurangnya uang jajan dan harus
berhemat
§ Harus mempunyai banyak followers dan
viewers
KONSEKUENSI
Berhasil
:
§ Lega, Senang dan mendapatkan point
menuju sukses
§ Orangtua bangga karena menghasilkan
dari keringat saya sendiri
§ Menaikkan Citra diri dan
berpenghasilan di usia muda
Gagal
:
§ Tidak mudah menyerah dan akan terus
berusaha bagaimanapun caranya
§ Tetap menerima dengan lapang dada
Tahun kedua :
SASARAN
§ Mencetak prestasi di Institut
Teknologi Kalimantan
§ Ikut serta dalam bagian organisasi
kepengurusan KM atau Himpunan
§ Ikut serta dalam kepanitiaan dalam
berbagai event
§ Mata Kuliah Alprog & DMJK dapat
nilai A
§ PBLC masuk 8 besar (kompetisi game)
RISIKO
§ Kurangnya waktu untuk bersantai
karena menjadi mahasiswa yang sibuk
§ Sulitnya mengatur jadwal untuk
berorganisasi dan latihan untuk kompetisi
KONSEKUENSI
Berhasil
:
§ Senang dan Puas
§ Memperluas wawasan
Gagal
:
§ Sedih, tetapi tetap semangat
Tahun ketiga :
SASARAN
§ Menghasilkan pendapatan hingga 18juta
§ Mata Kuliah RPL & Pemrograman
berbasis Web dapat nilai A
RISIKO
§ Kurangnya waktu untuk kumpul bersama
teman karena menargetkan hasil bekerja
§ Harus menyeimbangi pekerjaan dengan
perkuliahan
KONSEKUENSI
Berhasil
:
§ Lebih semangat berkuliah
§ Mendekati tujuan sebagai Web Design
Profesional
§ Lebih tentram dan damai
Gagal
:
§ Kecewa tetapi terus memperbaiki diri
Tahun keempat :
SASARAN
§ Mempunyai outlet untuk usaha
§ Lulus tepat waktu dengan IPK diatas
3,00
§ Mengambil TA di semester 7
§ Melanjutkan profesi saya sebagai
Gamer dan Web Design
RISIKO
§ Butuh modal yang cukup banyak untuk
outlet
§ Harus menyeimbangi pekerjaan dengan
perkuliahan
KONSEKUENSI
Berhasil
:
§ Puas, tentram dan nyaman
§ Mendekati kata sukses bagi saya
§ Mempunyai relasi yang cukup banyak
Gagal
:
§ Sangat sedih namun harus tetap kuat
dan menerimanya
0 komentar: